Posted on

BAB I
PENILAIAN STRATEGIS


SUN TZU

Aksi militer penting bagi bangsa—ia adalah tanah bagi kematian dan kehidupan, jalan bagi kelangsungan hidup dan kehancuran, maka sangat penting untuk dikaji.

LI QUAN
Aksi militer tidak bersifat menguntungkan—ia dianggap penting hanya karena ia adalah soal hidup dan mati, sehingga ada kemungkinan ia dianggap enteng.

DU MU
Kelangsungan hidup atau kehancuran sebuah negeri dan kehidupan atau kematian rakyatnya dapat tergantung pada aksi militer, karena itu perlu dikaji dengan cermat.

JIA LIN
Tanah berarti lokasi, tempat yang telah ditentukan untuk berperang—dapatkan keuntungannya maka kamu hidup, kehilangan keuntungannya maka kamu mati. Jadi, aksi militer disebut tanah bagi kehidupan dan kematian. Jalan berarti cara menyesuaikan dengan situasi dan menjamin kemenangan—temukan ini maka kamu bertahan hidup, kehilangan ini maka kamu binasa. Itulah mengapa dikatakan ia sangat penting untuk dikaji. Sebuah dokumen kuno mengatakan, “Ada sebuah jalan untuk bertahan hidup, yang membantu dan membuatmu kuat; ada sebuah jalan kehancuran, yang membuatmu terlupakan.”

MEI YAOCHEN
Apakah kamu hidup atau mati, itu tergantung pada konfigurasi medan perang; apakah kamu bertahan hidup atau binasa, itu tergantung pada cara berperang.

SUN TZU
Jadi, ukurlah dari segi lima hal, gunakan penilaian ini dalam membuat perbandingan, kemudian cari keterangan bagaimana kondisinya. Lima hal itu ialah jalan, cuaca, medan, kepemimpinan, dan disiplin.

DU MU
Lima hal yang harus dinilai—jalan, cuaca, letak tanah, kepemimpinan, dan disiplin. Ini harus dinilai di markas besar—pertama-tama nilai dirimu dan lawanmu dari segi lima hal ini, putuskan siapa yang lebih unggul. Kemudian kamu dapat menentukan siapa yang mungkin menang. Setelah menentukan, barulah kamu dapat memobilisasi pasukanmu.

CAO CAO
Penilaian atas hal-hal berikut dibuat di markas besar: kepemimpinan, lawan, medan, kekuatan pasukan, jarak, dan bahaya terkait.

WANG XI
Nilailah kepemimpinan, kondisi lingkungan, disiplin, pasukan, para perwira, sistem penghargaan, dan hukuman.

WANG XI
Suasana harmonis di antara orang-orang adalah dasar dari Jalan operasi militer; cuaca yang tepat dan posisi yang menguntungkan bersifat membantu. Jika ketiga unsur ini hadir, maka inilah saatnya membahas mobilisasi pasukan. Memobilisasi pasukan membutuhkan kemampuan di pihak pimpinan. Jika pimpinan mampu, akan ada disiplin yang baik.

SUN TZU
Jalan berarti meyakinkan orang-orang agar mempunyai tujuan yang sama dengan pimpinan, sehingga mereka bersedia menghadapi kematian dan kehidupan secara bersama-sama, tanpa takut pada bahaya.

CAO CAO
Ini berarti membimbing mereka dengan petunjuk dan arahan. Bahaya berarti ketidakpercayaan.

ZHANG YU
Jika orang-orang diperlakukan dengan kebajikan, kesetiaan, dan keadilan, maka mereka akan satu pikiran, dan akan senang untuk melayani. I Ching berkata, “Riang dalam kesulitan, orang-orang melupakan kematiannya.”

DU MU
Jalan berarti kemanusiaan dan keadilan. Pada zaman kuno, seorang menteri negara terkenal bertanya kepada seorang filsuf politik tentang masalah militer. Sang filsuf berkata, “Kemanusiaan dan keadilan adalah sarana untuk memerintah dengan benar. Ketika pemerintahan dijalankan dengan benar, rakyat merasa dekat dengan pimpinan dan siap mati untuknya.”

JIA LIN
Jika para pemimpin bisa bersikap manusiawi dan adil, berbagi keuntungan maupun kesulitan dengan rakyat, maka pasukan akan setia dan secara alamiah menyamakan kepentingannya dengan kepentingan pimpinan.

SUN TZU
Cuaca berarti musim-musim.

CAO CAO
Aturan militer kuno menyatakan bahwa operasi tidak boleh dilakukan di musim dingin atau musim panas, karena tidak memperhatikan kondisi rakyat.

ZHANG YU
Pada zaman kuno banyak pasukan kehilangan jari karena radang dingin dalam operasi militer melawan bangsa Hun, dan banyak pasukan tewas karena wabah dalam operasi militer melawan suku-suku selatan. Ini akibat melakukan operasi di musim dingin dan musim panas.

WANG XI
Jangan masuk ke wilayah lawan pada waktu yang tak menguntungkan.

SUN TZU
Medan harus dinilai dari segi jarak, kesulitan atau kemudahan perjalanan, dimensi, dan keamanan.

ZHANG YU
Dalam setiap operasi militer, pertama-tama yang penting adalah mengetahui tata letak tanah. Setelah mengetahui jarak yang akan ditempuh, maka kamu dapat merencanakan apakah akan berjalan lurus atau dengan rute memutar. Ketika kamu mengetahui kesulitan atau kemudahan perjalanan, maka kamu dapat menentukan keuntungan-
keuntungan infantri atau pasukan berkuda. Ketika kamu mengetahui dimensi-dimensi wilayah, maka kamu dapat menilai berapa pasukan yang kamu butuhkan, banyak atau sedikit. Ketika kamu mengetahui keamanan relatif suatu medan, maka kamu dapat menentukan apakah akan berperang atau bubar.

SUN TZU
Kepemimpinan adalah masalah kecerdasan, keterpercayaan, kemanusiaan, keberanian, dan ketegasan.

CAO CAO
Seorang jenderal harus memiliki lima kebajikan ini.

DU MU
Jalan raja-raja kuno adalah mengutamakan kemanusiaan, sedangkan seniman perang menganggap kecerdasan adalah yang utama. Ini karena kecerdasan melibatkan kemampuan untuk merencanakan dan mengetahui kapan harus berubah secara efektif. Keterpercayaan berarti membuat orang yakin akan hukuman atau penghargaan. Kemanusiaan berarti cinta dan belas kasih kepada orang-orang, mengakui kerja keras mereka. Keberanian berarti merebut semua peluang untuk memastikan kemenangan, tanpa ragu-ragu. Ketegasan berarti menegakkan disiplin dalam barisan dengan hukuman yang tegas.

JIA LIN
Mengandalkan kecerdasan saja akan menghasilkan pemberontakan. Olah kemanusiaan saja akan menghasilkan kelemahan. Terpaku pada kepercayaan menghasilkan kebodohan. Hanya bergantung pada keberanian menghasilkan kekerasan. Ketegasan yang berlebihan dalam memberi perintah akan menghasilkan kekejaman. Jika seseorang memiliki kelima kebajikan itu sekaligus, dan masing-masing sesuai fungsinya, maka dia bisa menjadi pemimpin militer.

SUN TZU
Disiplin berarti organisasi, rantai komando, dan logistik.

MEI YAOCHEN
Organisasi berarti pasukan harus dikelompokkan secara teratur. Rantai komando berarti harus ada perwira-perwira untuk menjaga kesatuan pasukan dan memimpin mereka. Logistik berarti mengawasi perbekalan.

SUN TZU
Setiap jenderal telah mendengar tentang lima hal ini. Mereka yang mengetahuinya akan menang, mereka yang tak mengetahuinya tak akan menang.

ZHANG YU
Setiap orang telah mendengar tentang lima hal ini, tetapi hanya mereka yang sangat memahami prinsip-prinsip penyesuaian dan kebuntuannya yang akan menang.

SUN TZU
Gunakan penilaian ini sebagai perbandingan, untuk mengetahui bagaimana kondisinya. Artinya, pimpinan politik mana yang memiliki Jalan? Jenderal mana yang punya kemampuan? Siapa yang memiliki iklim dan medan yang lebih baik? Disiplin siapa yang efektif? Pasukan siapa yang lebih kuat? Perwira dan prajurit siapa yang lebih terlatih? Sistem penghargaan dan hukuman siapa yang lebih jelas? Beginilah cara untuk mengetahui siapa yang akan menang.

LI QUAN
Seorang pemimpin politik yang memiliki Jalan pasti mempunyai kepemimpinan militer yang memiliki kecerdasan dan kemampuan.

DU MU
Tanyakan pada dirimu sendiri kepemimpinan politik mana—punyamu sendiri atau musuhmu—yang mampu menolak penjilat dan menarik orang bijak.

DU YOU
Jalan berarti kebajikan. Pertama-tama perlulah membandingkan kepemimpinan politik bangsa-bangsa yang berperang.

MEI YAOCHEN
Pertanyaan menyangkut kepemimpinan politik adalah, siapa yang mampu merebut hati rakyat.

HO YANXI
Dokumen klasik kuno mengatakan, “Orang yang memperlakukanku dengan baik adalah pemimpinku, orang yang memperlakukanku dengan kejam adalah musuhku.” Pertanyaannya adalah, pihak mana yang memiliki pemerintahan yang manusiawi, dan pihak mana yang memiliki pemerintahan yang kejam.

ZHANG YU
Pertama-tama bandingkan kepemimpinan politik kedua bangsa yang sedang berperang, mana yang memiliki Jalan kebajikan dan itikad baik. Kemudian amatilah kepemimpinan militer—siapa yang memiliki kecerdasan, kepercayaan, kemanusiaan, keberanian, dan ketegasan. Sekarang pertimbangkan pihak mana yang memiliki keuntungan letak georgrafis.

CAO CAO
Buat aturan yang tak akan dilanggar, jangan lengah untuk menghukum pelanggar.

DU MU
Dalam hal menetapkan hukum dan peraturan, setiap orang, tinggi dan rendah, harus diperlakukan setara.

DU YOU
Bandingkan perintah siapa yang lebih efektif—yang tak berani dilanggar oleh bawahannya.

MEI YAOCHEN
Buat semua orang setara di mata hukum.

WANG XI
Lihat siapa yang mampu membuat aturan yang jelas dan perintah yang mudah diikuti, sehingga orang mendengarkan dan mematuhinya.

DU MU
(Mengenai masalah kekuatan dan pelatihan) Ketika atasan dan bawahan berada dalam kondisi harmonis, sama-sama berani dalam perperangan, itulah yang membentuk kekuatan.

DU YOU
Cari tahu persenjataan siapa yang lebih efektif, dan pasukan siapa yang dipilih dengan cermat dan terlatih dengan baik. Seperti yang dikatakan, “Jika pasukan tidak berlatih setiap hari, di garis depan mereka akan takut dan ragu-ragu. Jika para jenderal tidak berlatih setiap hari, di garis depan mereka tidak akan tahu bagaimana beradaptasi.”

DU MU
(Beralih ke topik hukuman dan penghargaan) Hadiah tidak boleh berlebih-lebihan, hukuman tidak boleh sewenang-wenang.

DU YOU
Cari tahu sistem hadiah atas kebaikan dan hukuman atas keburukan siapa yang ditetapkan secara jelas. Seperti yang dikatakan, “Jika hadiah berlebihan, akan ada pengeluaran yang tak menumbuhkan rasa terima kasih; jika hukuman berlebihan, akan ada pembantaian yang tak menumbuhkan rasa hormat.”

MEI YAOCHEN
Jika orang pantas mendapatkan penghargaan, ini sepatutnya diperhatikan meski kamu secara pribadi membenci orang itu. Jika orang pantas mendapatkan hukuman, ini tidak boleh diabaikan sekalipun orang itu dekat denganmu.

CAO CAO
(Menyimpulkan) Dengan menilai ketujuh hal ini kamu dapat mengetahui siapa yang akan menang dan siapa yang akan kalah.

MEI YAOCHEN
Jika kamu bisa mengetahui kondisi-kondisi yang nyata, maka kamu akan tahu siapa yang menang.

ZHANG YU
Jika kamu lebih unggul dalam ketujuh hal ini, kamu telah menang bahkan sebelum berperang. Jika kamu lebih rendah dalam ketujuh hal ini, kamu telah kalah bahkan sebelum berperang. Jadi, sejak awal dimungkinkan untuk mengetahui siapa pemenangnya.

SUN TZU
Taksirlah keuntungan-keuntungan dari nasihat yang diberikan, kemudian susunlah pasukanmu sesuai dengan itu, untuk melengkapi taktik yang luar biasa. Pasukan harus disusun secara strategis, berdasarkan hal-hal yang menguntungkan.

CAO CAO
Struktur tergantung pada strategi: strategi ditentukan berdasarkan kejadian-kejadian.

SUN TZU
Operasi militer melibatkan penipuan. Meski kamu kompeten, tampakkan seolah kamu tidak kompeten. Meski kamu efektif, tampakkan seolah kamu tidak efektif.

CAO CAO
Operasi militer tidak memiliki bentuk standar—ia berjalan dengan tipu daya.

MEI YAOCHEN
Tanpa tipu daya kamu tidak dapat menjalankan strategi, tanpa strategi kamu tidak dapat mengendalikan lawan.

WANG XI
Penipuan ditujukan untuk mencari kemenangan dari musuh; untuk memimpin sebuah kelompok dibutuhkan kejujuran.

ZHANG YU
Meski nyatanya kuat, tampakkan seolah lemah; meski nyatanya berani, tampakkan seolah pengecut.

DU YOU
Artinya, ketika kamu benar-benar kompeten dan efektif, tampakkan di luar bahwa kamu tidak kompeten dan tidak efektif, agar membuat musuh tidak mempersiapkan diri.

WANG XI
Saat kuat, tampakkan seolah lemah. Berani, tampilkan seolah takut. Tertib, tampilkan seolah kacau. Penuh, tampilkan seolah kosong. Bijaksana, tampilkan seolah bodoh. Banyak, tampilkan seolah sedikit. Maju, tampilkan seolah mundur. Gesit, tampilkan seolah lamban. Ingin merebut, tampilkan seolah menjauh. Berada di satu tempat, tampilkan seolah berada di tempat lain.

ZHANG YU
Saat kamu ingin maju berperang, buatlah seolah kamu sedang ingin mundur. Saat kamu ingin bergerak cepat, buatlah seolah kamu tenang-tenang saja.

SUN TZU
Saat kamu akan menyerang yang dekat, buatlah seolah kamu akan pergi ke tempat yang jauh; ketika kamu akan menyerang yang jauh, buatlah seolah kamu sedang menuju yang dekat.

LI QUAN
Ini menyebabkan lawan tidak siap.

SUN TZU
Pikatlah mereka dengan prospek mendapat kemenangan, kuasai mereka di saat mereka bingung.

MEI YAOCHEN
Jika mereka tamak, pancing mereka dengan barang-barang.

ZHANG YU
Tunjukkan pada mereka sedikit prospek keuntungan untuk memikat mereka, lalu serang dan kalahkan mereka.

DU MU
Saat musuh sedang kebingungan, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk kemudian mengalahkan mereka.

JIA LIN
Saya akan menyuruh penyelundup licik untuk membingungkan mereka, lalu menunggu sampai mereka kacau-
balau untuk mengalahkan mereka.

ZHANG YU
Gunakan tipu daya untuk membuat mereka bingung, kecoh mereka agar mereka mudah dikalahkan. Ketika negara Wu dan Yue sedang berperang satu sama lain, Wu mengirimkan tiga ribu penjahat untuk memberi kesan kacau-balau sekaligus untuk memancing Yue. Sebagian penjahat melarikan diri, sebagian lagi menyerah; pasukan Yue berperang dengan para penjahat itu, hanya untuk dikalahkan oleh pasukan Wu.

SUN TZU
Ketika mereka merasa terpenuhi, bersiaplah melawan mereka; ketika mereka kuat, hindarilah mereka.

DU MU
Jika pemerintahan musuh terpenuhi—artinya ada saling menyayangi di antara penguasa dan yang dikuasai, ada kejelasan dan kepercayaan dalam sistem hadiah dan hukuman, dan para prajurit terlatih dengan baik—maka kamu harus waspada terhadap mereka. Jangan tunggu hingga terjadi bentrokan, baru kamu membuat persiapan. Ketika militer musuh kuat, kamu harus menghindarinya untuk sementara waktu, tunggu sampai mereka mengendur, amati celah untuk menyerang.

CHEN HAO
Jika musuh tidak bergerak, ia lengkap dan terpenuhi, maka kamu harus mempersiapkan diri secara hati-hati. Buatlah dirimu pun terpenuhi, agar siap menghadapi mereka.

HO YANXI
Jika kamu hanya melihat rasa puas pada musuh, dan tidak melihat celah apa pun, maka kamu harus membangun kekuatanmu untuk bersiap.

ZHANG YU
Sebuah ungkapan klasik mengatakan, “Bergumullah dengan mereka, maka kamu menemukan di mana keberlimpahan mereka dan di mana kekurangan mereka.” Keberlimpahan itulah yang dimaksud dengan terpenuhi, sedangkan yang dimaksud dengan kekurangan adalah mempunyai celah-celah. Ketika kekuatan militer musuh penuh, kamu harus memperlakukan mereka seolah mereka tidak terkalahkan, dan jangan menyerang begitu saja. Seperti yang dikatakan seorang pemandu militer, “Ketika kamu melihat celah, majulah; ketika kamu melihat kepenuhan, berhentilah.”

JIA LIN
Agar yang lemah dapat mengendalikan yang kuat, secara logis maka perlulah menunggu perubahan.

DU YOU
Ketika gudang mereka penuh dan pasukan mereka dalam kondisi prima, kamu harus mundur untuk mencari celah di saat mereka bersantai. Amatilah setiap kesempatan dan bertindak sesuai dengannya.

SUN TZU
Manfaatkan amarah untuk membuat mereka berantakan.

CAO CAO
Tunggu hingga mereka menjadi bobrok dan malas.

LI QUAN
Ketika pimpinan militer sering dibuat marah, strateginya mudah dibuat kacau, karena sifatnya menjadi tidak stabil.

DU MU
Ketika pimpinan militer mereka kekanak-kanakan, buatlah mereka jengkel agar mereka menjadi marah—lalu mereka akan menjadi terburu nafsu dan mengabaikan strategi semula.

MEI YAOCHEN
Jika mereka gampang naik darah, panas-panasilah agar mereka mendidih sehingga mereka pergi berperang dengan sembrono.

ZHANG YU
Jika mereka keji dan mudah marah, permalukan mereka agar moral mereka terganggu—lalu mereka akan maju dengan ceroboh, tanpa menyusun rencana.

SUN TZU
Bersikaplah rendah hati untuk membuat mereka angkuh.

LI QUAN
Jika mereka memberimu hadiah yang mahal dan ucapan yang manis, mereka sedang merencanakan sesuatu.

DU YOU
Ketika mereka mulai terhasut dan hendak bergerak, maka kamu harus berpura-pura takut, agar semangat mereka bangkit; tunggulah sampai mereka mengendur, lalu satukan kembali barisanmu dan seranglah.

MEI YAOCHEN
Berikan kesan tidak mampu berbuat apa-apa dan lemah, sehingga mereka menjadi sombong.

WANG XI
Tampakkan pada mereka hina dan lemah, agar mereka sombong—maka mereka tidak akan mengkuatirkanmu, dan kamu bisa menyerang mereka saat mereka bersantai.

SUN TZU
Buatlah mereka lelah karena harus melarikan diri.

CAO CAO
Lakukan gerakan-gerakan cepat untuk melelahkan mereka.

WANG XI
Ini berarti melancarkan banyak serangan mendadak. Ketika mereka keluar, kamu kembali; ketika mereka kembali, kamu keluar. Ketika mereka membantu sayap kiri, serang sayap kanan; ketika mereka membantu sayap kanan, serang sayap kiri. Dengan cara ini kamu bisa melelahkan mereka.

ZHANG YU
Dengan cara ini, kekuatanmu akan tetap utuh, sementara mereka akan melemah.

SUN TZU
Timbulkan perpecahan di antara mereka.

CAO CAO
Kirim para penyusup untuk menimbulkan perpecahan di antara mereka.

LI QUAN
Buat mereka tidak sepakat, piculah perpecahan di antara pemimpin dan menteri mereka, lalu serang.

DU MU
Artinya jika ada hubungan yang baik di antara pimpinan musuh dan pengikutnya, maka kamu harus menggunakan suap untuk menimbulkan perpecahan.

CHEN HAO
Jika mereka pelit, kamu murah hati; jika mereka kasar, kamu bersikap lunak. Dengan begitu, para pemimpin dan pengikutnya akan saling curiga, dan kamu bisa menimbulkan perpecahan di antara mereka.

DU YOU
Bujuk mereka dengan iming-iming keuntungan, kirim para penyusup ke tengah-tengah mereka, suruh orang yang pandai bermanis kata memakai tipu daya untuk mengambil hati para pemimpin dan pengikutnya, pecah belahlah organisasi dan kekuasaan mereka.

ZHANG YU
Kamu bisa menimbulkan perpecahan di antara para pemimpin dan pengikutnya, atau di antara mereka dan sekutunya—timbulkan perpecahan, kemudian bidiklah mereka.

SUN TZU
Seranglah saat mereka tidak siap, lakukan pergerakan saat mereka tidak menduganya.

CAO CAO
Serang saat mereka mengendur, lakukan serangan saat celah mereka terbuka.

MENG SHI
Serang celah-celah mereka, serang saat mereka lemah, jangan biarkan musuh mempersiapkan diri. Inilah mengapa dikatakan bahwa dalam operasi militer, ketakberbentukan adalah yang paling efektif. Salah satu pejuang hebat pernah berkata, “Gerakan yang paling efisien adalah gerakan yang tak terduga; rencana terbaik adalah rencana yang tak diketahui.”

SUN TZU
Formasi dan prosedur yang digunakan oleh militer tidak boleh dibocorkan terlebih dulu.

CAO CAO
Membocorkan berarti menyiarkan. Militer tidak memiliki bentuk yang konstan, sebagaimana air tidak memiliki bentuk yang konstan—beradaptasilah saat kamu menghadapi musuh, tanpa memberi tahu mereka sebelumnya apa yang akan kamu lakukan. Jadi, penilaian atas musuh ada di dalam pikiran, observasi situasi ada di mata.

LI QUAN
Serang ketika mereka tidak siap dan tidak menduganya, maka kamu pasti menang. Inilah inti dari seni perang, dirahasiakan dan tidak dibocorkan.

DU MU
Membocorkan sesuatu berarti membicarakannya. Artinya, semua strategi yang disebutkan di awal untuk menjamin kemenangan militer tentu saja tidak bisa diseragamkan—pertama, lihat dulu formasi musuh, barulah terapkan strategi. Kamu tidak boleh mengatakan apa tindakan yang akan kamu ambil sebelum peristiwanya terjadi.

MEI YAOCHEN
Karena kamu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tepat dalam menghadapi musuh, bagaimana mungkin kamu mengatakan duluan apa tindakan yang akan kamu ambil?

SUN TZU
Orang yang memperkirakan kemenangan di markas bahkan sebelum melakukan perperangan adalah orang yang memiliki faktor-faktor strategis paling banyak di pihaknya. Orang yang di markas sudah menyadari ketidakmampuan untuk menang sebelum melakukan perperangan adalah orang yang memiliki faktor-faktor strategis yang paling sedikit di pihaknya. Orang yang memiliki banyak faktor strategis yang menguntungkan akan menang, orang yang memiliki sangat sedikit faktor strategis yang menguntungkan akan kalah—terlebih lagi orang yang tak memiliki faktor strategis yang menguntungkan. Mengamati masalah dengan cara ini, saya bisa melihat siapa yang akan menang dan siapa yang akan kalah.

ZHANG YU
Jika strategimu dalam dan jauh jangkauannya, maka banyak yang dapat kamu peroleh dari perhitunganmu, sehingga kamu bisa menang bahkan sebelum berperang. Jika pemikiran strategismu dangkal dan berwawasan sempit, maka sedikit saja apa yang dapat kamu peroleh dari perhitunganmu, sehingga kamu kalah sebelum berperang. Strategi yang banyak menang atas yang sedikit, sehingga orang-orang yang tak memiliki strategi tidak bisa lain kecuali kalah. Jadi dikatakan bahwa pejuang yang berjaya menang sebelum pergi berperang, sementara pejuang pecundang pergi dulu berperang dan kemudian berusaha mencari kemenangan.

(Gambar: Sampul buku The Art of War edisi terjemahan Thomas Cleary)


Bab ini dimuat dalam Seni Perang karya Sun Tzu. Seni Perang terbitan Kakatua menggunakan edisi terjemahan Thomas Cleary, yang menurut para pengkaji Sun Tzu merupakan edisi yang paling mudah dipahami.