Posted on

1854
Oscar Fingal O’Flahertie Wills Wilde lahir di Dublin dari pasangan William dan Fransesca Elgee Wilde. Oscar Wilde adalah anak kedua dari tiga bersaudara.

1874
Berkuliah di Oxford setelah menerima beasiswa sebagai pelajar terbaik di sekolahnya. Wilde dikenal sebagai mahasiswa yang gemar berpenampilan mencolok.

1878
Menjadi lulusan terbaik dalam studi karya-karya klasik. Pindah ke London.

1881
Buku pertamanya, kumpulan puisi berjudul Poems diterbitkan.

1882
Mengadakan ceramah sastra ke Amerika dan Kanada. Bertemu Henry Longfellow, Oliver Wendell Holmes, serta Walt Whitman, penyair yang dikaguminya. Menerbitkan drama pertamanya, Vera.

1883
Kembali ke Inggris untuk mengadakan kuliah sastra. Menerbitkan drama keduanya, The Duchess of Padua.

1884
Wilde menikah dengan Constance Lloyd, anak seorang pengacara kaya. Mereka tinggal di Chelsea.

1885
Anak pertama dari pasangan itu lahir. Seorang putra yang diberi nama Cyril.

1886
Putra kedua, Vyvyan, lahir.

1887
Menjadi penyunting di majalah Woman’s World. Menerbitkan cerita pertamanya, The Canterville Ghost.

1888
Kumpulan dongengnya, The Happy Prince and Other Tales, terbit.

1891
Menerbitkan esai-esai yang membahas estetika. Satu-satunya novel yang ditulisnya, The Picture of Dorian, terbit. Berteman dengan seorang mahasiswa Oxford bernama Lord Alfred Douglas.

1892
Menulis drama Lady Windermere’s Fan dan pementasannya menuai sukses. Wilde juga menulis drama berjudul Salomé, namun dilarang dipentaskan karena dianggap menghujat karakter dalam Alkitab.

1893
Drama A Woman of No Importance dipentaskan.

1895
Drama The Importance of Being Earnest dipentaskan di gedung teater St. James’s London. Hubungan Wilde dengan Lord Alfred Douglas semakin dekat, tapi ayah Douglas, Marquis of Queensberry mengecam keras hubungan mereka. Queensberry mengirim surat terbuka kepada Wilde, melabelinya sebagai seorang homoseks. Wilde menuntut Queensberry atas pencemaran nama baik, tapi keputusan ini justru menghancurkan hidupnya di kemudian hari. Di Pengadilan, Wilde dinyatakan bersalah atas tindak kesenonohan. Dia dihukum dua tahun kerja paksa, dan dipindahkan ke penjara Reading.

1896
Ibu Wilde, Francesca, meninggal.

1897
Menulis De Profundis. Wilde dibebaskan dari penjara dalam kondisi kesehatan yang buruk. Dia hidup berpindah-pindah di Prancis, Italia, dan Swiss. Memakai nama samaran Sebastian Melmoth.

1898
Puisi The Ballad of Reading Gaol terbit. Istri Wilde, Costance, meninggal pada usia 40 tahun.

1900
Wilde meninggal di Paris pada usia 46 tahun. Awalnya dimakamkan di Cimitiere de Bagneaux, kemudian dipindahkan ke Père Lachaise.

(Foto oleh Napoleon Sarony, 1882)