Posted on

1896
Francis Scott Key Fitzgerald lahir di St. Paul, Minnesota, sebagai anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan Edward Fitzgerald dan Mary McQuillan.

1909
Ketika berumur 14 tahun, tulisan pertama Fitzgerald yang berjudul The Mystery of the Raymond Mortage dimuat di majalah sekolah.

1913
Masuk ke Princeton University. Fitzgerald berkenalan dengan orang-orang yang kelak menjadi sahabat dekat dan memberi pengaruh baginya, di antaranya penulis Edmund Wilson dan John Peale Bishop.

1915
Bertemu Ginevra King, cinta pertama sekaligus inspirasi bagi sejumlah karakter wanita dalam karya-karyanya. Tapi kedekatan mereka tak berlangsung lama.

1917
Meninggalkan kuliah, bergabung dengan tentara Amerika. Fitzgerald mulai menulis novel yang diberinya judul The Romantic Egoist.

1918
Fitzgerald dan Zelda Sayre bertemu di klub jazz, Alabama. Penerbit Scribner menolak The Romantic Egoist. Tapi, merasakan bakat besar penulis muda itu, Fitzgerald diminta merevisinya kembali.

1919
Bekerja sebagai juru iklan di New York. Fitzgerald melamar Zelda, tapi Zelda menolak lamaran itu karena Fitzgerald masih kesulitan keuangan. Dia berhenti bekerja sebagai juru iklan, pindah bersama orangtuanya di St. Paul. Dia menulis ulang The Romantic Egoist. Maxwell Perkins, editor utama Scribner, menyetujui naskah itu diterbitkan dengan judul This Side of Paradise.

1920
This Side of Paradise terbit sebagai novel pertama Fitzgerald. Dia menikah dengan Zelda di New York. Kumpulan cerpen pertamanya, Flappers and Philosopher terbit pada akhir tahun.

1921
Anak pertama dan satu-satunya lahir, dinamai Frances Scott “Scottie” Fitzgerald.

1922
The Beautiful and Damned terbit. Beberapa bulan kemudian Fitzgerald menerbitkan kumpulan cerpen keduanya, Tales of the Jazz Age, yang memuat The Curious Case of Benjamin Button dan The Diamond as Big as the Ritz. Dia mengontrak rumah di Long Island dan tinggal di sana selama dua tahun.

1923
Drama The Vegetable terbit.

1924
Fitzgerald dan keluarganya pindah ke Prancis. Mereka tinggal di sana selama tujuh tahun.

1925
Menerbitkan The Great Gatsby, novel yang dianggap sebagai pencapaian terbesar Fitzgerald.

1930
Zelda menderita gangguan mental, menghabiskan waktu hampir setahun dirawat di rumah sakit. Pengalaman ini dituangkan Fitzgerald ke dalam cerpen One Trip Abroad.

1931
Fitzgeral dan keluarganya kembali ke Amerika.

1934
Novel Tender is the Night terbit.

1937
MGM menawari Fitzgerald kontrak enam bulan untuk bekerja sebagai penulis skenario.

1939
Mulai menulis novel terakhirnya, The Last Tycoon.

1940
Fitzgerald ditemukan meninggal akibat serangan jantung di apartemennya. Dia dimakamkan di Maryland, tempat ayahnya lahir.

1948
Zelda meninggal di Asheville.

***

Ditulis oleh Noor Cholis