Posted on

Kelebihan apa yang dimiliki kisah-kisah ini sehingga mereka tetap hidup dalam waktu sekian lama? Dalam taraf tertentu mereka telah memantik dan memberi asupan energi yang sangat bernilai bagi kehidupan individu dan masyarakat. Bagi generasi muda, perjuangan melawan keserakahan, kedustaan, keangkuhan, dan kepengecutan sangatlah nyata, dan situasi di mana tantangan mendasar sehari-hari ini terlibat adalah situasi yang sangat penting sekaligus serius. Bagi orang dewasa, balasan atas perbuatan baik dan hukuman atas perbuatan jahat yang tergambar dalam kisah-kisah ini tampak begitu realistis, juga amat sangat tegas; tapi lain halnya bagi anak-anak. Mereka mempunyai kesadaran yang sangat konkret tentang benar dan salah, dan mereka menuntut hasil yang jelas, eksplisit, dan nyata bagi segala jenis tindakan. Mereka harus mempunyai contoh yang konkret dan terang, dengan hasil yang jelas di hadapan mereka.

Seorang anak yang sopan dan berbakti akan menguat kualitas kebaikannya, sementara dia yang tak mempunyai keduanya akan tersadarkan sampai dalam taraf tertentu dengan mengikuti perjalanan hidup Cinderella. Arogansi dan keegoisan akan membawa ketidakbahagiaan dalam dunia khayal ini, dan akan seperti itu pula keadaannya di dunia nyata; jadi lebih baik jangan berteman dengan dua tabiat itu, dan menggantinya dengan tabiat lembut, baik hati, dan setia. Dan setiap orang bisa menjadi bermanfaat bagi sesamanya hanya jika pikirannya lurus. Seorang bocah yang merasa diperlakukan tak adil karena hanya mendapat warisan seekor kucing akan mengambil hikmah betapa bahkan seekor binatang kecil dan tampak lemah mungkin akan banyak membantu kalau ia memperlakukannya secara baik. Ada orang mungkin berpikir Si Jempol tak berguna bagi siapa pun, tapi ternyata ia mengajarkan pada anak-anak bahwa menjadi baik hati, berguna, dan setia kawan adalah soal kemauan.

Demi memberi tampilan baru pada edisi ini, penerjemah berusaha keras mempertahankan karakteristik gaya lama, sambil menghindari gaya formal dan kaku ala Johnsonian yang sedang menjadi tren saat naskah ini pertama kali diterjemahkan.

M. V. O’Shea
University of Winconsin


Ilustrasi: portrait of 1671, now at the Musée de Versailles, by an unknown artist.

Esai ini dimuat sebagai pengantar dalam Kumpulan Dongeng karya Charles Perrault.